Saturday, November 01, 2008

Structural Equation Modeling (SEM) dengan AMOS

AMOS adalah salah satu software paling popular untuk Structural Equation Modeling (SEM). Software AMOS ini sama seperti LISREL hanya saja lebih mudah digunakan untuk orang yang masih awam tentang analisis SEM. Amos saat ini telah dibeli oleh perusahaan software statistik terbesar yakni SPSS.


Sebelum anda memakai aplikasi ini ada baiknya Anda baca dulu teori-teori tentang SEM, sudah ada kok pengarang-pengarang Indonesia yang sudah menuliskannya. Silahkan kunjungi toko buku di kota Anda, bukan promosi lho :P atau ke-sini dulu deh kalo pengen cari di internet :) . Hal ini dilakukan agar Anda akan dapat lebih mudah memakai dan memahaminya.

Secara garis besar dalam AMOS, kita dapat membuatkan model SEM, memasukkan data untuk model (file data dapat berupa file Excel maupun SPSS) serta pengujian terhadap model.
Belajar Amos tidak sesulit yang dibayangkan, bahkan mungkin menyenangkan terutama saat pembuatan model. Untuk tips pemakaian AMOS, InsyaAllah akan aku ulas pada postingan selanjutnya.

1 comment:

Hamster Online said...

Ane Putra...Mw tanya gan?? Dalam penelitian yang menggunakan metode Maximum Likelyhood pada SEM minimal batas sampelnya berapa??? kalao sempel dibawah minimal bagaimana dengan hasil/outputnya,.mempengaruhi atau tidak????

Categories