Monday, December 03, 2007

Simulasi Monte Carlo dengan PopTools sebuah Free Add-In Excel

Simulasi monte carlo akan dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan bantuan komputerisasi. Beberapa hari lalu Pak Darsono, rekan dosen statistik dari Poltek Bengkalis, Riau meminta bantuan untuk dicarikan software yang mendukung simulasi tersebut.
Beberapa program sebenarnya cukup representatif seperti Crystal Ball maupun @Risk, namun tentunya saja harus mengeluarkan biaya cukup mahal. Sepengetahuanku pemakai di jogja hanya Fakultas Teknik UGM yang memakai Crystal Ball. So harus cari alternatif yang lebih terjangkau, ketemu dah sebuah free add-in Excel.
Suatu keputusan tertentu umumnya berisiko, hasilnya bisa menyimpang dari yang direncanakan atau yang diharapkan. Untuk itu diperlukan suatu simulasi dengan membangkitkan suatu bilangan acak, kemudian dianalisis secara statistik. Informasi sebaran nilai akan memberikan perkiraan probabilitas dan ini sangat dibutuhkan dalam analisa risiko. Simulasi Monte Carlo pada dasarnya adalah "What If Analysis" yang dilakukan beberapa kali sehingga akan didapatkan banyak nilai yang selanjutnya dapat dicari nilai rata-rata, standar deviasi, minimum, maksimum, dan grafik distribusi frekuensinya.
Dengan menggunakan PopTools langkah simulasi ini akan jauh lebih mudah.
Berikut langkah-langkahnya:


  1. Download PopTools dari situsnya
  2. Instal PopTools
  3. Aktifkan Excel Anda, jangan lupa security macro-nya dibuat medium dulu
  4. Pastikan tambahan menu PopTools telah aktif sebelum anda menggunakannya, jika belum masuk ke folder Program Files/PopTools, aktifkan filenya
  5. Untuk contoh-contoh penerapannya bisa anda lihat di menu Demonya (PopTools > Demo)












No comments:

Categories